Rabu, 13 November 2013

EMAAAKKK!!! Anakmu ini kuliah maakkk!!! ~PART 1~

Heeeellloooooohhhhh semuanyaahhh!!!!

Ehm... sori gue lebay... but that's because....

AKHIRNYA GUE UDAH PUNYA SEMANGAT LAGI BUAT NGEBLOG!!! YEAH! *kayang di tiang listrik*

So, how are you guys? Gue kangen banget sama lu semua. Oh? Gak ada yang baca ya? Okesip. Eniwei, kali ini gue bakalan nyeritain tentang gimana gue bisa masup STAN. Yap! GUE MASUP STAN LOOOCCCHHHH!!!!! *kayang dalem lemari es*

Ehm... sori sori..... 

Mungkin entri ini bisa bikin orang semangat buat masup STAN (atau gak jadi masup STAN), yang jelas ini perjuangan gue buat masup sekolah bergengsi kedinasan. So? Check this out!

Gue masih inget, hari itu merupakan hari yang paling buruk bagi diri gue. Setelah ditinggal Icih, gue juga gak lulus SBMPTN. Ibarat kata pepatah: sudah jatuh digeleng pula. Semangat gue hilang seketika ketika gue gak lulus di SBMPTN. Padahal gue udah milih jurusan yang kalau menurut PG di salah satu tempat les gitu paling rendah, hasil TO gue juga bisa melebihi batas PG tersebut. Tapi gue tetep sabar, orang sabar pantatnya kencang dan lebar, walaupun pantat gue lebih mirip bakpao busuk..... gue tetep sabar.

Seketika ada temen gue, Suritin (bukan nama sebenarnya) yang menyarankan gue buat coba ikut tes masup STAN. Pertamanya gue juga gak tau STAN itu apaan. Ketika gue tanya ke babeh tentang apa itu STAN, dia bilang kalau STAN itu emang sekolah kece yang persaingannya malah bisa lebih keras daripada SBMPTN. Gue sih mikirnya kalo emang lebih keras, SBMPTN aja gak lulus apalagi STAN. Heeellllooowww!!! Tapi gue gak menyerah, gue langsung search di google gimana cara bisa belajar dengan baik. Lalu gue menemukan artikel dimana disana dibilang "Kalau mau belajar baik, harus punya tujuan dulu belajarnya buat apa" . Okeh, gue langsung bikin plan kalau gue belajar buat masup STAN itu karena ketiga hal ini:

1 | Mantan gue
Gue dulu punya mantan yang ingin banget masup STAN. Orangnya seumuran gue, mukanya imut hatinya semaput. Gue masih inget kalau dia ninggalin gue gara2 ada yang lebih ganteng dari gue....

Bentar gue nangis dulu sambil ngaca...








Okeh lanjut! Dia ninggalin gue karena ada yang lebih kece dari gue. Gue masih inget percakapannya itu kaya gini,

Gue     : "Kok kamu mutusin aku?" dengan suara gembel melas makan (sebenernya suara gembel lebih bagus sih)
Kampret : "Habis gue rasa kita udah gak cocok...." jawaban yang klasik
X : "Lah? Tapi kita kan selama ini lancar2 aja"
Y : "Ya, kita lancar tapi gak sama" dia mulai licin berkelit, gue curiga kalau selama ini sebenernya gue pacaran sama belut
X : "YA iyalah beda, gue cowo dan kamu cewe kan?" gue nyerocos
Y : "YAIYALAH BEGO! Bukan itu maksud gue" dia nyerocos
X : "Oh hahaha, sori... Terus apa yang gak sama?"
Y : "Sori, tapi gue ingin pokus buat belajar, gue mau masup STAN" 
X : "Lah? Kok gak nyambung sih? Eniwei, kita kan masih SMP! Kalau udah SMA baru dong" jawab gue bingung
Y : "STAN tuh masupnya susah, Nar"
X : "Iya memang, but from junior high school?? WTF??" gue marah
Y : "Udah gak usah ganggu gue lagi"

Dan secara resmi gue putus sama dia. Selang beberapa hari, gue tau kalau dia udah pacaran lagi sama sohib gue di sekolah. Yang bikin sakit lagi, ketika gue tanya sama temennya, dia bilang kalau dia mutusin gue gara2 muka gue yang kurang ganteng.

Oh~

Kenapa harus ganteng gue dipermasalahkan? Oke gue ngaku kalo gue itu kurang ganteng (dan item), but why? Wong dia bilang dulu kalau dia suka sama gue tuh gara2 gue as it is, apa adanya. Terus kenapa sekarang ganteng jadi permasalahan? Kalau memang ganteng itu standar ideal para wanita, kenapa nyokap gue bilang kalau gue ganteng? Nyokap gue juga wanita kan? Kenapa semua wanita yang gue temui gak bisa punya pandangan seperti halnya pandangan nyokap gue yang bilang kalao gue ganteng? Atau karena sebenernya gue kurang ganteng (dan item) tapi nyokap gue kasian terus dia bilang "kamu ganteng kok, nak" biar nyemangatin gue dari muka yang kalo dibandingin sama kolor lebih bagus kolor? Dunia memang berjalan dengan cara yang misterius~

BTW! Dari sana gue punya semangat buat masup STAN! Ya! Gue mau ninggaling kesan ke mantan gue ini kalau gue itu worth it! Gue mau ninggalin kesan di mantan gue kalau keputusannya ninggalin gue dulu merupakan keputusan yang bego.

2 | Ibu-ibu arisan sekitar rumah gue
Di sekitar rumah gue banyak banget ibu-ibu dan semua ibu-ibu tersebut berkenalan baik sama nyokap gue. Yang bikin sakit adalah: pertanyaan "Kuliah masup mana, de?" yang bakalan selalu gue jawab dengan "Gak lulus SBMPTN, bu". Dikarenakan banyaknya frekuensi ibu2 yang berkeliaran di jalan mirip lalat, gue jadi males keluar. Gue males kalau harus ditanya kuliah dimana. Dibeberapa kasus, malah ada ibu2 kampret yang nanya kaya gitu dan gue jawab kaya gitu juga langsung dia bilang "Sabar aja yak, de. Bukan jodoh aja kali" sambil pake tatapan muka yang mirip orang belum modol 2 taun kabisat ke arah gue. Ada juga yang suka ngebanding-bandingin gue sama kakak gue yang lulusan ITB. 

Apa yang dimaksud dengan "bukan jodoh aja kali"? Shit! Bukannya jodoh itu ditentukan Tuhan? Apa berarti ibu2 arisan kampret ini mau bilang kalau tempat kuliahan gue ini ditentukan oleh Tuhan? Gue percaya kalau hal seperti itu gak mungkin terjadi. Tuhan itu kan The Great Judge, gue percaya kalau usaha gue selama ini diibaratkan sebagai proposal yang nanti dimana Tuhan ngeliat proposal tersebut. Semakin bagus proposalnya semakin besar juga chance di approve-nya. Bagus nggaknya proposal itu tergantung usahanya. Semakin perfect dan maksimal usaha yang dikasih, semakin bagus proposalnya. Kalau misalkan ada proposal yang bagus tapi gak diterima, itu berarti di dalem proposal tersebut ada yang salah! Well, mungkin penempatan kerangkanya? Mungkin tata bahasanya? Coba diliat lagi. Siapa tau mungkin urutan usaha yang kita lakukan salah, misalnya mungkin kita berusaha dulu baru berdoa yang seharusnya berdoa dan berusaha itu gak boleh dipisahkan siapa yang lebih dulu. Siapa tau mungkin tata bahasa kita dalam berdoa kurang sopan dan terlalu banyak meminta sedangkan usaha minimal?. Atau siapa tau karena terlalu pokus terhadap usaha yang dilakukan jadi lupa sama Tuhan yang bakalan jadi The Graet Judge tadi. Mungkin pusing buat dimengerti, tapi memang itu yang gue pahami tentang pengabulan doa dan usaha. Setiap usaha gak akan ada yang nihil, karena usaha itu nentuin takdir! Bukan takdir yang nentuin usaha! Setiap usaha PASTI ada hasil. Whatever the result is bad or good.

Gue sadar disini kalau waktu SBMPTN kemaren usaha gue sama doa gue kurang banget, malah mungkin gak ada sama sekali. Tapi dari sana gue mencoba bangkit!

Gue gak bisa kaya gini terus, gue gak sudi ngeliat pandangan rendah orang lain ke gue.
Gue gak sudi dikasih simpati sama ibu2 arisan yang bau parpum sama bau ketek + minyak nyongnyong aja wanginya sama.
Gue gak sudi dipandang kalau gue ini worthless.

Gue mau nunjukin ke ibu2 arisan kampret ini kalau gue bisa!

3 | Orang tua gue
Yap! Gue itu ngerasa kalau gue itu jadi beban hidup buat orang tua gue, walaupun pada kenyataannya orang tua gue bilang kalau mereka nggak terbebani sama gue. Gue punya nyokap yang super perhatian dan bokap yang super pendorong buat gue. Setiap kata2 babeh, gak pernah ada yang gue lupa. Setiap perhatian nyokap, gak ada yang pernah gue sia2kan. Dan gue disini sebagai remaja yang terperangkap dalam umur 17th ingin bisa ngebales semuanya. At least become something useful

.
.
.
.
.
.

Setelah gue nyusun tujuan gue tersebut, gue langsung belajar mirip kebo ngamuk. Gue donlot ratusan soal, gue ikut TO (yang gak pernah satupun gue lulus), gue belajar sampei semaput, dan gue korbanin semuanya. Waktu (buat main game) dan tenaga (yang biasanya gue pake tidur, gue pake belajar sekarang). Gue merasakan perubahannya

Dari asalnya pusing banget kalau liat matematika ----> sekarang jadi pusing sedikit
Dari asalnya tidur terus -----> sekarang jadi belajar terus
Dari asalnya ganteng ------> jadi makin ganteng BD

Lalu akhirnya gue sampai pada hari test saringan masup STAN. I'm well prepared!

1 komentar: